Evakuasi WNI dari Ukraina Baru Akan Dilakukan Jika Sudah Pecah Perang, Begini Penjelasan Kemlu

Kementerian Luar Negeri RI menyatakan pemerintah akan melakukan evakuasi kepada warga negara Indonesia (WNI) di Ukraina ke Polandia dan Rumania. Ukraina telah menutup wilayah udaranya dan operator penerbangan diminta tidak mendekat ke wilayah udaranya sehubungan dengan diumumkannya keadaan darurat. Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha pada konferensi pers Sabtu (27/2/2022) mengatakan pemerintah telah membentuk tim evakuasi yang terdiri dari lintas Kementerian/Lembaga.

Judha merespon pertanyaan masyarakat terkait lambannya pemerintah dalam melakukan upaya evakuasi pada WNI yang ada di Ukraina. Judha menjelaskan, evakuasi WNI dari Ukraina merupakan rencana kontijensi yang sudah dibuat pemerintah berdasarkan status kedaruratan. “Sesuai rencana kontijensi, kita memang memiliki beberapa tahapan, mulai dari siaga 3, siaga 2, dan siaga 1. Kita menetapkan siaga 1 pada tanggal 24 Februari, karena pada tanggal tanggal sebelumnya ada eskalasi, namun kita tidak melihat ada kemungkinan serangan,” kata Judha.

Judha mengatakan, pemerintah sebelumnya telah menyiapkan rencana kontijensi dan menginstruksikan melakukan lapor diri, lalu mengeluarkan himbauan. Serangan yang dilakukan Rusia menurutnya adalah hal yang tidak terduga, tidak hanya bagi Kedutaan Indonesia tapi juga kedutaan asing lain yang ada di Ukraina. “Ini memang sesuatu yang membuat terkejut banyak orang, termasuk banyak kedutaan asing yang ada Kiev. Jadi apa yang kita lakukan sudah sesuai dengan rencana kontijensi,” ujarnya.

Selanjutnya WNI diminta untuk berkumpul di KBRI dan titik titik aman yang telah ditentukan KBRI Kiev dan pemerintah sesuai rencana kontijensi. Pemerintah bekerja sama dengan KBRI Kiev juga berkoordinasi dengan beberapa KBRI di sekitar untuk mengupayakan evakuasi kepada para WNI. “Kita sudah memastikan pada saat menerapkan siaga 1, berbagai macam utamanya untuk memastikan keamanan warga negara kita, yaitu sekitar Kiev dan di titik titik lain sudah kita lakukan,” kata Judha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Jaga Stok dan Stabilkan Harga, Holding BUMN Pangan Distribusikan Minyak Goreng di 110 Pasar Rakyat
Next post Chord dan Lirik Lagu Pesan Terakhir – Lyodra: Genggam Tanganku Sayang, Dekat Denganku Peluk Diriku