Contoh Segmentasi Pasar, Penting agar Tepat Sasaran!

Langkah awal merintis bisnis, yaitu dengan menentukan segmentasi pasar. Contoh segmentasi pasar produk makanan dengan mengelompokkan calon pembeli berdasarkan perilaku tertentu penting dilakukan.

Proses pengelompokan konsumen bisa Anda gunakan untuk memenuhi target penjualan. Sehingga, Anda bisa mendapatkan gambaran produk ideal untuk dipasarkan nantinya.

Segmentasi Pasar Adalah

Pada dasarnya, segmentasi pasar merupakan proses pemecahan kelompok heterogen dari calon konsumen. Sehingga, bisa dipecah menjadi kelompok yang lebih kecil.

Contoh segmentasi pasar produk makanan bisa Anda lakukan sebelum menentukan target pasar. Lakukan segmentasi berdasarkan karakteristik, kebutuhan dan keinginan masing-masing.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan segmentasi berdasarkan jenis pelanggan dan kebutuhan yang memiliki karakteristik sama.

Contoh Segmentasi Pasar Produk Makanan yang Bisa Anda Terapkan

Produk memiliki pasar yang sangat luas karena memiliki jenis yang sangat beragam. Misalnya, makanan mentah hingga makanan instan.

Untuk menyasar pasar yang lebih spesifik, cobalah simak contoh segmentasi untuk keripik kentang berikut ini:

Segmentasi demografis

Produk keripik kentang ini memiliki calon konsumen berusia 7 hingga 30 tahun. Juga dari semua kalangan tanpa memandang status, tingkat ekonomi maupun pendidikan.

Segmentasi geografis

Target calon konsumen keripik kentang ini menargetkan wilayah perkotaan dan pedesaan. Sebab, bahan dasar digemari dan mudah mendapatkannya.

Segmentasi psikografis

Produk keripik kentang tersebut menyasar calon konsumen yang gemar bersantai dan melakukan pekerjaan ringan.

Manfaat Segmentasi Pasar

Ada beberapa manfaat saat Anda melakukan segmentasi pasar, antara lain:

Mampu mengidentifikasi pengembangan produk

Karakteristik yang berbeda menimbulkan gagasan baru untuk membuat produk sesuai keinginan pelanggan. Sehingga, memudahkan pemenuhan kebutuhan konsumen.

Membantu pembuatan desain pemasaran

Desain perlu menyesuaikan target konsumen agar menarik perhatian target pasar. Nantinya akan membantu untuk menentukan iklan, harga produk, promosi dan distribusi.

Fokus pada kelompok satu kelompok target

Selain membuat pengalokasian produk yang tepat sehingga akan meraih keuntungan, pemilik bisnis akan fokus pada satu kelompok target. Segmentasi pasar yang dilakukan bisa fokus dan tidak terlalu luas.

Contoh segmentasi pasar produk makanan akan membantu pemilik bisnis menyesuaikan target pasar. Bukan tidak mungkin keuntungan bisa diraih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Alasan Toyota Raize Layak Untuk Dimiliki